Label 1

Potensi Bambu di Desa Ngrejeng Belum Optimal Dimanfaatkan

Ngrejeng - (KIM Citro Rejo)  Desa Ngrejeng Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro mempunyai kekayaan alam yang berlimpah ruah, utamanya Tanaman Bambu dan  Pisang  namun sayangnya potensi sumber daya alam (SDA) tidak menarik perhatian masyarakat sehingga masih belum bisa dimanfaatkan dengan optimal.

"Desa Ngrejeng Kecamatan Purwosari punya potensi banyak misalnya bambu, pisang yang banyak tumbuh tersebar di pekarangan milik warga, ujar Yangkoh, salah satu Perangkat Desa Ngrejeng Kecamatan Purwosari.

Lebih lanjut ia mengatakan utamanya bambu Bambu di desa Ngrejeng kwalitasnya sangat bagus terutama  Bambu Ori / Bambu Duri ( Red=Bambusa Blumeana )yang mempunyai Tinggi mencapai 30 m (dinding batang sangat tebal dan batang berbulu tebal); 15-18 cm (jarak buku 20-40 cm); berwarna hijau muda..

Bambu tersebut banyak tumbuh di  dibeberapa lingkungan warga Desa Ngrejeng diantaranya : RT 9, RT.12,RT.13,RT.14,RT.5,RT.6,dan RT.1. tambah ujarnya.

Saat ini yang bisa dikembangkan oleh warga hanya sebatas membuat anyaman Kepang (sesek) dan kebutuhan rumah tangga lainya misalnya untuk diding dan tiang dll. Baru ini yang bisa diolah dan dilakukan masyarakat, belum bisa menjadikan produk andalan Desa Ngrejeng "ujarnya.Perangkat yang beberapa hari lalu mengkuti sosialisasi  Rencana Program  Pembangunan Kecamatan Purwosai dengan Basis Kawasan. yang dipandu LSM Ademos di Pendopo Kecamatan Purwosari., Rabu (6/5/2015).

Diakuinya memang tidak mudah menemui SDM yang bisa melakukannya. Namun kedepan diharapkan ada Perhatian dari pemerintah daerah untuk menyelenggarakan Pelatihan bagi warga Desa Ngrejeng Kecamatan Purwosari tentang Home Industri dari bahan baku Bambu, misalnya Pembuatan Tususk Sate, Stick Makanan, atau berbagai macam souvenir - souvener dari bahan baku bambu dll, yang bisa  menjadi produk andalan daerah Bojonegoro.. akhir tandasnya dengan penuh harapan. (KIM Cr).

Post a Comment

0 Comments