Label 1

Petani Tembakau Ngrejeng Banting Stir Tanam Cabe

KIM Citro Rejo -Akibat faktor cuaca yang tidak menentu, Sebagian petani tembakau di Desa Ngrejeng, Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, banting stir.  kini beralih tanam cabe (Lombok) Para petani menganggap, tanaman tembakau untuk tahun ini kurang menjanjikan, meski pun bulan ini memasuki masa tanam Tembakau ,  Namun sebagian masyarakat lebih memilih menanam cabe (Lombok) karena lebih menguntungkan.

Fatana (40), salah seorang petani tembakau, mengatakan, tanaman lombok (cabe) yang mereka tanam saat ini lebih menguntungkan ketimbang menanam tembakau, . “Tanam lombok bisa lebih untung, walaupun musim hujan masih bisa panen,” ujarnya. Kamis (4/6/15).
Masih menurut Fatana, Penjualan lombok juga lebih mudah dibanding penjualan tembakau. “Kami sudah kerjasama dengan para pembeli (red=tengkulak)di pasar Induk Cepu, yang siap membeli hasil lombok Ini  ,” imbuhnya.pria suami kepala dusun Clili Desa Ngrejeng Kecaatan purwosari tersebut.

Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa "tahun ini saya persiapkan bibit sekitar 10.000 batang." akhir imbuhnya.

Saat ini dari sebagian  petani tembakau  Desa Ngrejeng lebih memilih menanam tanaman lombok (cabe), meski dari segi pembiayaanya tegolong lebih mahal daripada tembakau, para petani tetap yakin akan kembali modal bahkan ada hasil yang melimpah.

Para petani berharap musim tanam saat ini bisa mendapatkan untung besar karena cuma itulah yang bisa di harapkan oleh para petani.(KIM Cr)

Post a Comment

0 Comments