Label 1

Haul Massal di Desa Ngrejeng, Sebagai Wahana Pemersatu Warga

KIM Citrorejo - Kegiatan Haul Massal dan Tahlil Bersama yang diadakan Warga Desa Ngrejeng  Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro, Acara yang dipusatkan di Maqam Ploso Agung , dihadiri tokoh -tokoh Agama, Tokoh Masyarakat dan perangkat Desa Setempat .Jum'at (25/09/2015).


 Yangkoh yang juga Pejabat perangkat  desa Ngrejeng mengatakan, Kegiatan Haul Massal  ini adalah merupakan rangkaian kegiatan peringatan hari raya idul adha dengan puncak acara Tahlil bersama di Makbaroh. di ploso agung tersebut.

“ Alhamdulillah adanya haul massal ini menambah barokah pada warga desa. Terutama dalam hal persatuan dan kesatuan  kita semua berdo’a agar persatuan dan kebersamaan tetap terjalin baik “, papar Yangkoh.

Sementara itu Madi  warga desa Ngrejeng yang juga menjabat  Kaur Kesra Desa tersebut mengatakan , haul massal sebenarnya merupakan perubahan tradisi masyarakat dulu banyak warga yang melakukan  ritual setiap jum'at pahing di makam  Citrorejo yang diyakini masyarakat sebagai Danyang (Lelulur) desa tersebut.

Perubahan ini dengan dalih menghindari kemusyrikan keyakinan warga". Katanya sembari menirukan cerita orang dulu.

Lebih lanjut Madi juga mengatakan  tradisi  ini layak di uri-uri kelestariannya. Selain kita bisa mendo’akan orang tua yang telah dahulu tiada. Bisa juga dijadikan wahana pemersatu warga desa. Semua warga berkumpul dan duduk bersama di makbaroh sehingga kelihatan guyub rukun satu sama lain. Mulai tokoh agama, Kyai dari anak-anak , remaja sampai orang tua semua hadir di maqam.

“ Ya kami sangat setuju acara ini terus digelar , apalagi ditambah dengan acara lainya misalnya pengajian dll, dan bagus jika pemerintah desa bisa menfasilitasinya “ kata Madi. ( KIM Cr)

Foto : ilustrasi Maqom Citrorejo 

Post a Comment

0 Comments