Label 1

Pilih Bulan Dzulhijjah Marak Orang Hajatan

KIM Citrorejo - Bagi masyarakat Jawa, Bulan Besar (Dzulhijjah) seperti saat ini dianggap sebagai bulan yang sangat istimewa dan baik. Banyak yang memilih untuk melaksanakan hajatan seperti menikah, mengkhitankan anak pada bulan ini

Jika bulan besar ini tiba sepertinya hajatan atau orang punya gawe membanjir. Satu hari satu desa bisa tiga atau empat  orang yang mempunyai gawe. Padahal di bulan sebelumnya sepertinya satu bulan itu sepi orang punya hajatan.

Seperti yang terjadi di Desa Ngrejeng Kecamatan Purwosari kabupaten Bojonegoro 2 pekan terakhir bulan ini Banjir orang hajatan.

Maraknya orang punya hajatan di bulan dzulhijah ini. Suhari (36) warga Desa Ngrejeng Kecamatan Purwosari  dua minggu lalu  menggelar acara tasyakuran khitanan.  sederhana namun acara Khitanan anaknya tersebut sangat meriah dengan diisi Tahti,ul Quran dan pengajian.

 " Alhamdulillaah acaranya sukses tidak ada halangan apapun ,meskipun sederhana namun lumayan meriah,”jelasnya.

Sementara itu salah satu tamu yang hadir ditempat acara tasyakuran khitanan yang meminta namanya disembunyikan menuturkan, Bahwasanya dibulan dzulhijah ini panen orang punya gawe.

“Bulan besar  ini panen orang wong duwe gawe (hajatan). ” terangnya dengan nada agak mengeluh. ( KIM Cr)
Foto  Ilustrasi : salah satu hajatan  di desa ngrejeng

Post a Comment

0 Comments