Label 1

Tidak Terawat, Makam Mbah Citro Ngrejeng

KIM Citro Rejo -Makam Mbah Citro, salah satu situs sejarah di Desa Ngrejeng  Kecamatan Purwosri yang terletak di Rt 01 RW 01. kondisinya memprihatinkan.

Pantauan KIM Citro Rejo saat melintas di wilayah tersebut (22/-5/2015), saat ini kondisinya terbengkalai dan tidak terawat dengan baik.

Dii sekitar makam  ditutupi rumput dan semak belukar. Papan Nama makam juga tidak dipasang di situ. Begitu juga Cungkup Makam sudah rusak semua..

Kondisi Makam Mbah Citro ( Makam Citro Rejo ) perlu perhatian khusus dari pemerintah setempat, untuk merawat dan melestarikannya. Sehingga, situs sejarah tersebut dapat berkembang, bermanfaat dan dikenal oleh seluruh masyarakat Bojonegoro, termasuk masyarakat dunia

Sampai sat ini belum ada inisiatif Pemerintah Desa dan perangkat Desa Ngrejeng  dan masyarakat setempat, mengadakan kerja bakti gotong royong untuk membersihkan lokasi makam tersebut.

Kesadaran akan menjaga kelestarian peninggalan bersejarah, paling utama yang mesti ditanamkan pada setiap orang. Tujuannya, agar situs sejarah tersebut bisa menjadi sarana edukasi dan menanamkan nilai patriotisme bagi generasi muda. Sebab, situs sejarah merupakan warisan budaya masa lalu yang memiliki nilai tinggi. (KIM Cr)

Post a Comment

0 Comments