Label 1

Tumpangsari, Pengahasilan Tambahan Petani Tembakau Di Ngrejeng

KIM Citrorejo -KIM Citrorejo -Bagi petani Tembakau di Desa Ngrejeng Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur, yang terbiasa menanam tembakau, namun ingin mendapatkan tambahan penghasilan dari tanaman cabe (lombok),kedelai,  jagung,waluh, dan semangka dapat menerapkan budidaya tumpangsari secara baris ganda.

Pantaun KIM Cr dibeberapa lokasi sebagian petani tembakau  yang melakukan budidaya tanaman tumpangsari  dengan tanaman lain misalnya cabe. pengaturan tanam tanpa mengurangi hasil panenan tembakau. Petani bisa lebih cepat mendapat hasil tunai dari panen cabe sembari menunggu tanaman tembakau bisa dipanen.

Ada sebagian Petani tembakau di Desa Ngrejeng Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro Jawa Timur sudah terbiasa menerapkan tumpang sari tersebut.

Salah satunya.Mustain mengatakan  "Dengan tumpang sari, lahan kami jadi lebih maksimal karena panen tak hanya tembakau saja," katanya saat ditemui KIM Cr di lokasi lahanya,  Selasa(22/09/2015)

Lain halnya dengan Sulkan Hadi  mengatakan "Melakukan tumpang sari tanaman tembakau dengan semangka lebih untung dan saya memilih semangka karena jika dak laku  bisa dimakan " katanya sembari lelucon.

Teknik tumpangsari seperti yang dilakukan beberapa petani tembakau ini, sedikit menambah penghasilan para petani tembakau di Ngrejeng, Namun melihat kondisi harga tembakau dan hasil panen tahun ini tembakau menjadikan hal terburuk,  maka para petani tembakau sedikit terobati  dengan hasil panen tumpangsari tersebut. ( KIM Cr)

Post a Comment

0 Comments