Label 1

Dusun Nglegok Desa Ngrejeng, Sentra Pembibitan Tembakau


KIM Citro Rejo- Warga Dusun Nglegok Desa Ngrejeng mulai semai bibit tembakau, Kamis (21/52015).Dari pantauan KIM Citro rejo di Dukuh tersebut persemaian bibit tembakau sudah ada yang berumur 36 hari, dan ada juga yang baru berumur 10 hari.

Tidak Asing lagi jika anda berkunjung ke Dusun Nglegok Desa Ngrejeng di RT 09 RW 03. Pusat Senta Pengembangan Produksi Tembakau.  Misalnya, bibit tembakau milik Paijo, 50 th, warga Dusun Nglegok Desa Ngrejeng  Penuturan dia, Persemaian Bibit tembakau miliknya sudah mulai tumbuh. ”ada yang sudah berumur 36 hari (1 bulan ) dan ada yang masih kecil baru berumur 10 hari. ,” katanya.

Dikatakan Untuk merawat bibit tersebut, Paijo   menyiramnya secara rutin. ”Bibit tembakau di bawah usia 10 hari penyiramannya harus rutin dan berkala Pagi dan Sore ” ujarnya. Mbah Jo panggilan akrab sehari harinya.

Bibit tembakau bisa dipindah dari bedengan ke sawah kalau sudah berumur 40 hari. ”Setiap tahun saya biasanya membuat persemaian untuk saya jual dan saya sendiri menanam  tembakau kira kira 10 hektare,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan " saat  ini saya membuat persemaian bibit tembakau ada 18 bedegan dengan ukuran panjang 25 meter kali 1 meter.

Dari pembibitan tembakau paijo disamping di jual juga ditanam sendiri. " hasil penjualan Dederan ( =bibit  tembakai)  lumayan tahun kemarin saya bisa mendapatkan keuntungan 10 Juta lebih dan semoga tahun inin bisa lebih baik" ujarnya penuh harap.
Ia juga  menambahkan optimis tetap tanam tembakau " saya tetap tanam tembakau walaupun pemerintah melarang"
(KIM Cr)

Post a Comment

0 Comments