Label 1

Hasil Panen Kurang Bagus, Petani Masih Tambah Biaya Blower

Ngrejeng- KIM Citro rejo -Cuaca dan  hama padi memengaruhi pertumbuhan dan produktivitas tanaman di sentra  pertanian  sehingga kualitas hasil panen tidak maksimal. Hasil panen yang kurang bagus ikut menyebabkan harga gabah kering panen dan gabah kering giling menurun.

Mbak Am (45 th), salah satu  petani sekaligus pedagang polowijo di Desa Desa Ngrejeng Kecamatan Purwosari, Rabu (6/5/2015) siang,mengatakan " panen tahun ini kurang bagus  karena banyak penyakit.sehingga banyak gabah gabuk (red =  tidak berisi / kosong)

lebih lanjut ia mengatakan " kalau gak di blower di jual  ya harganya murah, dan biaya jasa blower sekarang sudah Rp.50.000 per ton gabah.

Lain pihak meski sudah menanam pada musim yang tepat, mengaku kualitas panen padi miliknya tidak maksimal. Itu terjadi karena cuaca yang menghambat pertumbuhan dan produktivitas padi. Walaupun menanam pada musim hujan, sebagian besar sawah tadah hujan tidak cukup mendapat air. selain itu faktor penyakit atau hama padi yang banyak, sehingga hasil panen kurang bagus. (KIM Cr)

Post a Comment

0 Comments