Label 1

Paijo Ngrejeng, Sukses Jadi Petani Tembakau

KIM Citro Rejo-  Paijo Namanya Warga Dusun Nglegok Desa Ngrejeng yang sukses menjadi Petani Tembakau
Paijo, 50 th, warga Dusun Nglegok RT 09 RW 03. Desa Ngrejeng adalah salah satu petani tembakau yang telah bertahun tahun menekuni bidang ini , mulai dari Pembibitan, Penanaman, Proses Produksi (=jawa Perajangan) dan sampai pada penjualan. petani yang telah dipercaya dibidang tembakau oleh pengusaha tembakau ini dari temanggung Jawa Tengah.

Saat Musim kemarau tiba bagi paijo akan membawa berkah tersendiri untuk memulai menggarap sawahnya setelah pasca panen, dengan menyulap lahannya menjadi Lahan Bibit tembakau ( Bedengan) 

Mbah Jo  panggilan akrab paijo dikenal masyarakat seorang yang ulet. pekerja keras. dan seorang spikulan yang tinggi. Walaupun Pemerintah telah melarang tanam tembakau, Ia tetap optimis tetap membudidayakan Bibit tembakau.

"Saat  ini saya membuat persemaian bibit tembakau ada 18 bedegan dengan ukuran panjang 25 meter kali 1 meter." ujarnya saat ditemui KIM Citro beberapa  hari yang lalu.

Dari pembibitan tembakau Paijo disamping di jual juga ditanam sendiri. " hasil penjualan Dederan ( =bibit  tembakai)  lumayan tahun kemarin saya bisa mendapatkan keuntungan 10 Juta lebih dan semoga tahun inin bisa lebih baik" ujarnya penuh harap.

Ia juga  menambahkan optimis tetap tanam tembakau tahun ini Ia telah persiapkan Lahan  musim tanam tahun ini." lahan milik sendiri sekitar 0,5 Hektar, yang  sewa milik warga sekitar ada 10 Hektar."
Ia mengatakan Persiapan untuk garap lahan ia datangkan 6 Traktor khusus buat lahan tembakau (=jawa Traktor Krakal) dari Nganjuk Jawa Timur.

Lebih lanjut ia juga menambahkan " alhamdulillah tahun ini bisa berangkat Haji"
(KIM Cr)

Post a Comment

0 Comments