Label 1

Kwalitas Tembakau Bagus, Petani di Ngrejeng Mulai Panen

KIM Citrorejo - Harga tembakau di tingkat petani yang ada di Ngrejeng dan Sekiratnya  saat ini mencapai Rp 1.500 untuk daun paling bawah ( Petik 1), sedangkan untuk daun yang diatas bisa mencapai Rp 2.000 perkilogram. Harga itu untuk tembakau jenis biasa yang ditanam di sejumlah petani tembakau yang ada di Ngrejeng Purwosari dan sekitarnya

Petani Tembakau asal Desa Ngrejeng Kecamatan Purwosari  Warsi mengatakan harga tembakau saat ini dirasa cukup baik, selain itu tanaman juga bagus, sehingga musim tembakau kali ini akan sangat menguntungkan. Dia memperkirakan semakin baik tembakau maka harganyapun juga akan lebih tinggi.

Untuk kali ini lanjutnya Warsi memang baru memanen tembakau untuk daun paling bawah. "Tanaman tembakau di sekitar ini rata-rata cukup baik dan sekarang mulai panen," jelasnya.

Dirinya juga tidak khawatir tembakaunya tidak laku, sebab sudah banyak tengkulak dari Temanggung jawa Tengah sudah banyak yang mencari, sehingga setiap kali penen bisa terjual.
Tapi dengan panen awal ini dirinya memilih  tembakau yang ada, dirajang dulu baru kemudian dijual, karena diakui tembakau rajangan lebih untung.

Warsi  menambahkan bahwa  hasil tembakau miliknya juga selama ini cukup bagus tanpa kendala penyakit,
dan ia mengaku petani tembakau Desa Ngrejeng  selama ini pun Tanpa pendampingan dari Instansi terkait. "Selama tanam PPL belum ada mendampingi, " tandasnya.

Sementara itu untuk soal hama Mustain  petani lainnya melihat tidak begitu menganggu, hanya ulat dan belelang saja yang ada di daun tetapi hal itu masih bisa diatasi dan tidak begitu menjadi hama perusak. "Hingga panen nanti daun tetap baik dan harga juga terus bisa naik," pintanya  .

Post a Comment

0 Comments