Ustan Mandiri Dolokgede, Selenggarakan Sinau Bareng Buat Pakan Ternak

KIM Citrorejo -Kelompok Tani Ternak Ustan Mandiri Desa Dolokgede, Kecamatan Tambakrejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, bersama PT Berdikari Persero mengadakan sinau bareng membuat pakan ternak sapi potong.
Kegiatan yang bertempat di panggon sinau Ademos tersebut di ikuti para peserta dari Kecamatan Kedewan, Balen, Ngasem, Ngambon, Ngraho, dan Tambakrejo.
Ketua kelompok ternak Ustan Mandiri sekaligus penyelenggara sinau, Muhammad Ali, mengatakan, belajar bersama yang dilakukan oleh kelompok bertujuan agar peternak bisa mandiri dan mampu menciptakan pakan sendiri.
“Adanya pengetahuan ini diharapkan peserta kedepanya mampu mengidentifikasi bahan lokal yang bisa digunakan untuk campuran pakan kosentrat,” ujar Muhammad Ali, saat ditemui kabardolokgede.com usai acara, Kamis (29 /11/2018).
Banyak ilmu modern yang belum diketahui oleh peternak mengkibatkan pelaku banyak membuang waktu dan tenaga yang cukup melelahkan.
“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat menambah ilmu bagi para peternak sehingga kedepan lebih baik lagi,” imbuhnya.
Segendang seirama diucapkan Moh. Sujak’i, narasumber lokal dari KBSR (kandang belajar sapi rakyat) Brabowan, Kecamatan Gayam. Dia menjelaskan, banyak teknik untuk menghemat waktu agar efisiensi dalam beternak dibutuhkan stok pakan yang cukup.
“Kunci sukses disebuah peternakan adalah ketersedian pakan cukup,” tandasnya saat memberikan pemaparan.
Di tempat yang sama, Putra Wahyu Noor Muchib, Narasuber utama PT Berdikari Persero mengungkapkan, banyak limbah pertanian maupun pabrik yang dapat digunakan untuk bahan kosentrat.
“Namun tidak semuanya yang memenuhi syarat sesuai setandar SNI,” ungkapnya saat mengidentifikasi bahan pakan.
Petugas Teknis Peternakan (PTP) Kecamatan Tambakrejo Lilik Sulitya, mengapresiasi dengan diadakannya kegiatan sinau bareng bidang peternakan ini.
“Saya apresiasi Ustan Mandiri selaku penyelenggara kegiatan. Karena merasa terbantu tugas saya adanya kegiatan seperti ini,” pungkasnya.

Post a Comment

0 Comments